Skip to main content

Mengubah default port SSH client icinga2

Icinga2 adalah aplikasi monitoring host berupa service, network,  kapasitas hardisk, swap dan memori, biasanya digunakan  pada datacenter. Icinga2 merupakan pengembangan dari nagios karena masih menggunakan plugin dari nagios. Icinga2 memiliki web manajemen interaktif. Icinga2 terdiri dari master, satellite dan client, tergantung bagaimana topologi dan rancangan masing-masing. Saya tidak memaparkan cara instalasi icinga2 dan icingaweb2 sebagai web manajemennnya, tapi pedoman saya dalam melakukan instalasi merujuk pada web dibawah ini :

Setelah berhasil install icinga2 master, setiap client juga harus diinstallkan atau jika dicari di google pakai kata kunci "add remote host client icinga", saya memiliki 2 yang mudah diikuti untuk menambah client icinga2 :

  • 2daygeek - Add remote linux hosts  into icinga 2 server
  • Itzgeek - How to add remote linux host into icinga 2

Contoh kasus ubah port ssh client

Jika client icinga  awalnya menggunakan port 22, untuk alasan keamanan maka port diganti menjadi 2222. Sehingga icinga2 master menampilkan client icinga error seperti dibawah :

Notification Type: PROBLEM Service: ssh Host: clientku Address: State: CRITICAL Date/Time: 2018-08-23 11:15:01 +0800 Additional Info: connect to address 127.0.0.1 and port 22: Connection refused

Mencoba memecahkan kasus :

Saya mencari konfig di icinga2 master vim /etc/icinga2/repository.d/hosts/clientku/ssh.conf   lalu menambahkan variabel vars.ssh_port = 2222  namun masih gagal.

Solusi mengubah default port SSH client icinga2 :

Masuk / login di icinga2 client kemudian edit file services.conf di icinga2 client

vim /etc/icinga2/conf.d/services.conf cari baris yang mirip seperti di bawah ini lalu sesuaikan dengan port ssh yang benar :

apply Service "ssh" { import "generic-service"

check_command = "ssh" vars.ssh_port = 2222

assign where (host.address || host.address6) && host.vars.os == "Linux" }