Saya iseng mau edit post di blog saya tapi sebelum itu saya update dulu ke versi WordPress 5.4. Setelah itu, pas mau save hasil editannya eh malah error 403. Saya coba buat postingan baru dan berhasil. Kemudian, postingan baru tersebut saya edit dan berhasil juga. Ternyata error 403 nya berlaku untuk postingan lama. Jadi saya ambil kesimpulan itu karena pengaruh update wordpress 5.4. Hal yang membuat saya makin yakin karena saya punya satu blog lagi yang belum diupdate ke versi 5.4, kemudian saya edit salah satu post dan berhasil.

Apa yang saya lakukan? Saya re-update wordpress-nya tapi belum berhasil. Kemudian saya search di google dan forum wordpress terus ketemu satu solusi yang katanya harus edit file .htaccess.

Saya tidak langsung mengeksekusi karena ragu solusinya hanya mem-bypass error tersebut. Kemudian saya tanyakan ke CS penyedia hosting, sapa tau saja memang ada masalah. Alhasil, CS nya juga memberikan solusi yang sama dengan cara edit file .htaccess. Saya menambahkan script berikut ke dalam file .htaccess :

Berhasil tapi tidak memuaskan karena hal tersebut hanya membuat seolah-olah tidak error. Untuk soal keamanan saya belum tau apa dampak daripada menambah script tersebut pada .htaccess.

Last modified: April 11, 2020